Pages

Senin, 06 Juni 2016

Tugas 2 Sistem Terdistribusi

Nama : Aditya Nanda P. 
Nim    : 12 4102000 42


1. Buatlah Rangkuman Presentasi yang Bagian Anda


RMI (Remote Methode Invocation)
RMI adalah cara yang digunakan oleh seorang progammer dalam bahasa pmrograman java dan ruang lingkup pengembangan software java, RMI digunakan untuk menulis Object Oriented programming yang mana objek tersebut berada di komputer yang berbeda yang dapat berinteraksi didalam jaringan yang terdistribusi. RMI disebut juga RPC Remote Procedure Call  versi pemrograman java tetapi memiliki kelebihan yaitu bisa meneruskan lebih dari satu objek pada satu kali rquest.


Kelebihan dari RMI
  • RMI memudahkan programmer mengembangkan aplikasi java yang terdistribusi pada jaringan.
  • RMI menyediakan fasiitas bagi programmer untuk dapat mendistribusikan objek yang digunakan untuk proses yang berbeda.
  • Dapat dijalankan dalam satu mesin atau beberapa mesin yang saling terhubung dengan jaringan
  • RMI memiliki kecepatan dan performa yang baik dibandingkan dengan RPC.


Kekurangan dari RMI
  • RMI tidak bisa dijalankan pada platform yang berbeda karena perbedaan skema dan protokol data, sebagai contoh jika RMI dijalankan pada Java maka jika ingin dipanggil maka harus menggunakan Java juga selain itu RMI tidak bisa dijalankan.

2.
Give an outline of the server implementation, showing how the operations get request and send reply are used by a server that creates a new thread to execute each client request.indicate how the server will copy the request ID from the request message into the reply message and how it will obtain the client IP address and port.

Figure 5.2

komunikasi request-reply adalah komunikasi sinkronus karena client memblok proses sampai proses penerimaan tiba dari server. Komunikasi request-reply bisa menjadi reliabel ketika penerimaan dari server berhasil menerima balasan ke client.komunikasi asinkronus request-reply bisa menjadi alternatif dalam situasi dimana client bisa menunjang penerimaan reply nantinya. Implementasi yang sering digunakan  adalah penggunakan stream TCP. Sebuah protocol dibuat diatas datagram untuk menghindari overhead yang tidak perlu terkait dengan protokol stream TCP. Khususnya :
  • Acknowledgments yang berlebih, sejak request yang diikuti dengan replies.
  • Membangun koneksi melibatkan dua pesan yang diperlukan dalam request dan reply.
  • Flow kontrol menjadi berlebih pada kebanyakan invocation,hasilnya yang lewat hanya argument kecil.

Protokol request reply didasari pada komunikasi primitif diantaranya ,melakukan operasi, mendapatkan permintaan dan mengirim balasan.seperti yang ditunjukan figur 5.2 yaitu protokol request reply yang didesain untuk menyediakan jaminan paket data akan sampai. Jika menggunakan datagram UDP protokol request-reply menyediakan jaminan data akan sampai, server menggunakan pesan balasan sebagai ack dari pesan request client.

Penjelasan komunikasi primitif yang digunakan oleh protokol request-reply:
  • doOperation adalah metode yang digunakan oleh client untuk meminta remote operation
  • getRequest adalah proses yang digunakan server untuk memperoleh layanan permintaan
  • ketika server sedang meminta operasi yang spesifik lalu digunakan sendReply untuk mengirim pesan balasan menuju client.
Refrensi : Distributed Systems, Edition 3: Chapter 5 Solutions ©George Coulouris, Jean Dollimore and Tim Kindberg 2000.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar