Pages

Minggu, 26 Juni 2016

Cloud Computing

Nama : Aditya Nanda P. 
Nim    : 12 4102000 42

Link Dosen Pengampuh : Musayyanah, S.ST, MT

Judul      : Penerapan FreeNas Sebagai Cloud Computing
Tujuan   : - Mengenalkan pada mahasiswa tentang konsep cloud computing
                - Mengenalkan pada mahasiswa tentang konfigurasi FreeNAS pada jaringan


Landasan Teori

1. Cloud Computing
  • Definisi Cloud Computing
      Cloud Computing adalah pemanfaatan teknologi komputasi yang memanfaatkan internet  (cloud) yang memiliki fungsi dapat menjalankan program atau aplikasi melalui komputer yang saling terhubung , cloud computing memanfaatkan internet menjadi pusat server dalam mengelola data dan aplikasi user sehingga user tidak perlu menginstall aplikasi pada komputer masing - masing untuk mengakses data pribadi melalui komputer dengan koneksi Internet.
  • Karakteristik Cloud Computing 
     
-   On-demand Self Service : User dapat menggunakan layanan cloud dengan keinginan sendiri sesuai kebutuhan user tanpa mengikuti peraturan penyedia layanan.
Contoh : Google Drive

-    Broad Network Access :  Akses layanan dapat diakses melalui  perangkat - perangkat yang dimiliki oleh user dimanapun dan kapanpun karena jaringannya yang luas 

-  Resource Pooling : Penyedia layanan harus memiliki sumber daya yang memadai seiring bertambahnya pengguna


-  Rapid Elasticity : Kapasitas layanan cloud bersifat elastis dan fleksibel sehingga user dapat mengatur fitur cloud computing sesuai keinginan mereka.

-     Measured Service :Sistem cloud dapat dipantau oleh user dan pengoptimalan layanan dapat dilakukan oleh user sendiri.

  • Model Layanan
·        Infrastruktur As A Service (IaaS) : User hanya dapat menginstall sistem operasi , mengatur storage, dan membangun aplikasi sendiri.

·    Platform As a Service (PaaS) : User dapat mengontrol aplikasi secara penuh tetapi tidak dapat mengatur sistem operasi , hardware dan jaringan.

·    Software As A Service (SaaS): user hanya hanya dapat menggunakan aplikasi dan mengakses aplikasi tersebut melalui web browser

  • Komponen Cloud terdiri dari : Client, services, application, platform, storage, infrastructure
  • Kelebihan Cloud : User tidak perlu menginstall aplikasi pada komputer sendiri sehingga dapat menghemat resource.
  • Kekurangan cloud : layanan cloud hanya bisa diakses bila terdapat koneksi internet.

2.  Pengertian NAS dan FreeNas

  • Network Attached Storage (NAS) adalah sebuah server dengan sistem operasi yang dikhususkan untuk melayani kebutuhan berkas data. NAS dapat di akses langsung melalui jaringan area lokal dengan protokol seperti TCP/IP.
  • FreeNas adalah distro khusus untuk digunakan sebagai sistem operasi NAS (Network Attached Storage) yang dibangun diatas landasan FreeBSD
  • Beberapa layanan dari FreeNAS :
  1. SSH (Secure Shell) adalah layanan untuk meremote komputer dengan terminal melalui jaringan lokal maupun internet sehingga admin tidak harus berada di komputernya langsung, remote dengan SSH data akan terjamin karena data yang lewat akan di enkripsi terlebih dahulu.
  2. iSCSI (internet small computer system interface ) merupakan layanan dari FreeNAS yang memiliki fungsi menghubungkan media penyimpanan server dan fungsi transfer data melalui media internet, iSCSI digunakan untuk menghubungkan storage komputer satu dengan lainya sehingga storage tersebut seolah olah berada di dalam komputer yang tersambung.
  3. FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk pertukaran file antar komputer satu dengan lainya.

3. Beberapa Aplikasi Cloud Computing 

1. Google docs
Google docs adalah layanan cloud dari perusahaan besar yaitu Google, google doc memberi layanan berupa aplikasi word processor mirip seperti microsoft word hasil ketikan dapat disimpan secara cloud pada akun google ,layanan ini bersifat free dan akses dilakukan pada aplikasi browser melalui jaringan internet.

   2. iCloud
.
iCloud adalah layanan penyimpanan data secara cloud yang dikhususkan untuk pengguna produk Apple, layanan ini dapat integrasi dan sinkronisasi secara otomatis data-data seperti: Apps, iTunes, Photo Stream, Documents, iBooks, Contact, Mails dan lain-lain untuk seluruh iDevice Apple, fitur ini menjadi kelebihan tersendiri cukup dengan memasukkan Apple id diseluruh perangkat iDevice maka data-data di satu produk iDevice bisa diakses pada iDevice lainnya


4. Contoh konfigurasi jaringan berbasis cloud

    Konfigurasi FTP pada FreeNAS , cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan protokol file transfer dengan aplikasi WinScp


  • Langkah pertama buka IP address Freenas pada browser, lalu login dengan user root


  • Lalu setelah Login berhasil masuk pada tab services, konfigurasi layanan FTP dengan menekan icon bergambar kunci
  • Lalu setelah tab konfig muncul centang "allow root login"

  • Jangan lupa aktifkan layanan FTP klik hingga icon berubah menjadi ON



  •     Selanjutnya uji coba menggunakan WinScp,pada menu session atur file protocol menjadi FTP, Hostname isikan IP Address FreeNas dengan Port number "21" , lalu isikan username dengan 'root' dan isikan password, setelah itu klik login
  • Jika berhasil maka tampilan akan seperti berikut,setelah berhasil uji coba transfer file dengan mendrag file dari komputer ke freenas


5. Peranan FreeNAS jika dikaitkan dengan konsep Cloud Computing. Apa saja kelebihan        dari FreeNAs jika kita menggunakannya dalam kondisi Offline (tidak terhubung ke              jaringan)

   FreeNas dengan konsep cloud computing sangat berhubungan karena freenas sebagai storage yang diakses melalui jaringan komputer ataupun internet (Cloud) dimana user menggunakan storage yang telah ada di server freenas sehingga user tidak perlu memasang tambahan storage pada komputer. Jika FreeNas digunakan dalam kondisi offline keuntungannya adalah bandwidth internet tidak terpakai ,akses storage freenas pada jaringan lokal menjadi  lebih cepat dan Data pada storage freenas menjadi lebih aman dari serangan hacker dari luar jaringan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar